kustila suhardi

Ada 3 perkembangan penting yang dialami oleh anak, yaitu perkembangan psikologis, perkembangan kecerdasan, dan perkembangan otak.
  1. Perkembangan Psikologis
Setiap anak memiliki waktu dan irama perkembangan sendiri-sendiri.Unik dan berbeda antara satu anak dengan yang lainnya. secara umum, anak usia Dini  dianggap oleh ERIKSON berada pada tahap ketiga yang dikenal dengan tahap inisiatif dengan memiliki ciri tertentu harus dikembangkan, antara lain ketrampilan sosial, perkembangan kognisi sensorimotor ke arah pra-operasional  dan anak suka bermain.
  1. Perkembangan Kecerdasan anak
Intelgensi adalah suatu kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah atau untuk menciptakan produk-produk yang bernilai dalam satu atau beberapa lingkungan budaya tertentu (Gardner). Gardner menemukan teori inovatif tentang intelgensi manusia. Teori ini membantah pandangan lama bahwa intelgensi itu bersifat tunggal. Melalui studi budaya aspek neurofisiologi dan studi antropologi atas intelgensi, Gardner mengakui bahwa intelgensi itu bersifat majemuk, yaitu :
    1. Intelgensi Verbal/Linguistik
Intelgensi ini berhubungan dengan kemampuan anak dalam akuisisi yang kompleks dalam hal rumusan dan proses kebahasan. Pikiran secara simbolis penalaran secara abstrak atau kemampuannuntuk membuat pola pola verbal konseptual termasuk ke dalam kategori intelgensi ini, termasuk membaca, menulis, perkembangan seperti permainan huruf dan kata, ungkapan, kiasan, peribahasa dan anologi muncul dan ketrampilan berbahasa termasuk sebagai perwujudan intelgensi
    1. Intelgensi Logiks/Matematika
Intelgensi ysng berhubungan dengan kemampuan berpikir logis, menarik kesimpulan baik secra deduktif atau secara kategorik. Kemampuan ini juga berkaitan dengan pengenalan pola-pola baik geometrik maupun pola angka.
    1. Intelgensi Spasial
Intelgensi ini yang berhubungan dengan kemampuan untuk mempersepsi kesan dari gambar-gambar atau pola-pola (teka-teki) dan gemar membangun berbagai hal dengan balok.
    1. Intelgensi Musikal
Intelgensi yang berhubungan dengan kemampuan untuk membuat dan menginterpretasikan musik.
    1. Intelgensi Bodily / Kinesthetic
Intelgensi ini berhubungan dengan gerakan fisik, baik yang menyangkut sistem otot halus maupun otot besar.
    1. Intelgensi Interpersonal
Intelgensi ini berhubungan dengan kemampuan untuk memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, serta mefasilitasi proses hubungan dan proses kelompok.
    1. Intelgensi Intrapersonal
Intelgensi ini berhubungan dengan kemampuan memahami diri sendiri secara tepat baik kekurangan maupun kelebihannya, biasanya ia mampu akan efektif kalau bekerja sendiri dan biasanya mampu menggynakan berbagai informasi tentang dirinya sendiri.
    1. Intelgensi Natural
Intelgensi ini merupakan kemampuan pokok yang banyak bersentuhan dengan nilai budaya (alam).
  1. Perkembangan Otak
Otak merupakan refleksi jiwa dan cermin kepribadian. Otak menentukan niat, pikir, emosi dan perilaku manusia. Apa yang kita pikirkan rasakan dan putuskan merupakan kerja miliaran sel otak. Otak kanan dan otak kiri mempunyai peran yang berbeda dan sama pentingnya oleh karena itu otak kanan dan kiri sebaiknya dikembangkan secara seimbang agar dapat menigkatkan kualitas hidup seseorang.
Label: edit post
0 Responses

Poskan Komentar