TAHAPAN PERKEMBANGAN KARYA SENI ANAK
Tahap 1
Menggambar
Coretan awal; coretan acak; coretan-coretan selalu berhubungan
selah-olah "krayon" tidak pernah lepas dari kertas.
|
Melukis
Bercak warna-warni; secara acak, seperti mencoret atau menyikat.
mengenal cat dan kertas
|
Tahap 2
Menggambar
Coretan terarah; Tanda-tanda tertentu
(seperti garis-garis atau
titik-titik) diulang-ulang; biasanya bentuk lonjong; Tanda-tanda itu belum
berhubungan.
|
Melukis
Pemisahan warna; olesan tertentu diulang-ulang secara terarah,
olesan-olesan itu belum berhubungan.
|
Tahap 3
Menggambar
Penambahan pada bentuk- bentuk lonjong; yang sering ditambahkan
garis-garis dan
titik-titik; biasanya garis-garis
menyebar dari bentuk lonjong dan titik-titik di dalam bentuk lonjong.
|
Melukis
Bercak-bercak warna bergabung satu dengan yang lainnya pada pinggiran
bercak-bercak warna-warna itu.
|
Tahap 4
Menggambar
Mulai muncul gambar “Kepala
Besar”; titik-titik dan garis-garis dalam bentuk. lonjong menyerupai wajah; mengambang
di atas kertas.
|
Melukis
Warna ditumpuk di atas warna. Daerah gambar diwarnai secara hati-hati
|
Tahap 5
Menggambar
Gambar ”Kepala Besar” dengan Mulai muncul
gambar Kaki; mengambang di
atas kertas.
|
Melukis
Mulai muncul gambar ”Kepala
besar”; bercak-bercak warna mempunyai garis-garis yang menyebar dari
bercak-bercak tersebut; garis-garis itu terlihat seperti kaki; mengambang di
atas kertas.
|
Jika gambar dan lukisan sudah berada di atas tahap lima maka gambar
dan lukisan dinilai sama seperti berikut:
|
|
Tahap 6
Gambar “Kepala Besar” dengan kaki dan bagian-bagian badan lainnya
khususnya tangan; mengambang di atas kertas. Muncul awal tulisan. Huruf
mengambang seperti garis-garis.
|
|
Tahap 7
“Kepala Besar” dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota
tubuh lainnya; mengambang di atas kertas.
|
|
Tahap 8
“Kepala Besar” dengan bentuk batang tertutup, bentuk batang berisi,
atau bentuk batang segi tiga sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya;
mengambang di atas kertas.
|
|
Tahap 9
Gambar rumah sederhana yang menyerupai wajah; obyek-obyek sederhana
lainnya (seperti kupu-kupu atau bunga-bunga);
mengambang di atas kertas.
|
|
Tahap 10
Bagian paling bawah kertas digunakan sebagai garis dasar dan
gambar-gambar obyek yang bisa dikenali ditempatkan disitu; obyek-obyek
ditempatkan secara tepat di langit, disamping rumah di bagian paling bawah
kertas, dan seterusnya.
|
|
Tahap 11
Sebuah garis dasar menopang rumah dan/atau obyek-obyek lain. Konsep tanah dan proporsi gambar dan
lukisan mulai terlihat. Variasi gambar
mulai komplek: ada rumah, orang, pohon, bunga, awan, dan binatang.
|
|
Tahap 12
Garis dasar mulai muncul sebagai garis batas langit, menunjukkan anak
mulai sadar ruang dua dimensi; obyek-obyek diletakkan dengan tepat.
|
0 comments:
Post a Comment
Jadilah Orang yang pertama menulis komentar di Blog ini, dan sempatkanlah untuk mengklik tombol Google+