Find us on Facebook

Home » , , » TAHAPAN PERKEMBANGAN KARYA ANAK Bag. 3

TAHAPAN PERKEMBANGAN KARYA ANAK Bag. 3

Posted by PAUD ANAK CERDAS on Tuesday, April 5, 2016

TAHAPAN PERKEMBANGAN KARYA SENI ANAK


Tahap 1
Menggambar                                                   
Coretan awal; coretan acak; coretan-coretan selalu berhubungan selah-olah "krayon" tidak pernah lepas dari kertas.                          

Melukis
Bercak warna-warni; secara acak, seperti mencoret atau menyikat. mengenal cat dan kertas

Tahap 2
Menggambar                                                   
Coretan terarah; Tanda-tanda tertentu  (seperti  garis-garis atau titik-titik) diulang-ulang; biasanya bentuk lonjong; Tanda-tanda itu belum berhubungan.


Melukis
Pemisahan warna; olesan tertentu diulang-ulang secara terarah, olesan-olesan itu belum berhubungan.

Tahap 3
Menggambar                                                   
Penambahan pada bentuk- bentuk lonjong; yang sering ditambahkan garis-garis dan                             
titik-titik; biasanya garis-garis  menyebar dari bentuk lonjong dan titik-titik di dalam bentuk lonjong.



Melukis
Bercak-bercak warna bergabung satu dengan yang lainnya pada pinggiran bercak-bercak warna-warna itu.
Tahap 4
Menggambar
Mulai muncul gambar  “Kepala Besar”; titik-titik dan garis-garis dalam bentuk. lonjong menyerupai wajah; mengambang di atas kertas.

Melukis
Warna ditumpuk di atas warna. Daerah gambar diwarnai secara hati-hati

Tahap 5
Menggambar
Gambar ”Kepala Besar” dengan Mulai muncul                                       
gambar  Kaki; mengambang di atas kertas.


Melukis
Mulai muncul gambar  ”Kepala besar”; bercak-bercak warna mempunyai garis-garis yang menyebar dari bercak-bercak tersebut; garis-garis itu terlihat seperti kaki; mengambang di atas kertas.

Jika gambar dan lukisan sudah berada di atas tahap lima maka gambar dan lukisan dinilai sama seperti berikut:

Tahap 6
Gambar “Kepala Besar” dengan kaki dan bagian-bagian badan lainnya khususnya tangan; mengambang di atas kertas. Muncul awal tulisan. Huruf mengambang seperti garis-garis.

Tahap 7
“Kepala Besar” dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya; mengambang di atas kertas.

Tahap 8
“Kepala Besar” dengan bentuk batang tertutup, bentuk batang berisi, atau bentuk batang segi tiga sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya; mengambang di atas kertas.

Tahap 9
Gambar rumah sederhana yang menyerupai wajah; obyek-obyek sederhana lainnya (seperti kupu-kupu atau bunga-bunga);  mengambang di atas kertas.

Tahap 10
Bagian paling bawah kertas digunakan sebagai garis dasar dan gambar-gambar obyek yang bisa dikenali ditempatkan disitu; obyek-obyek ditempatkan secara tepat di langit, disamping rumah di bagian paling bawah kertas, dan seterusnya.

Tahap 11
Sebuah garis dasar menopang rumah dan/atau obyek-obyek lain.  Konsep tanah dan proporsi gambar dan lukisan mulai terlihat.  Variasi gambar mulai komplek: ada rumah, orang, pohon, bunga, awan, dan binatang.

Tahap 12
Garis dasar mulai muncul sebagai garis batas langit, menunjukkan anak mulai sadar ruang dua dimensi; obyek-obyek diletakkan dengan tepat.



0 comments:

Post a Comment

Jadilah Orang yang pertama menulis komentar di Blog ini, dan sempatkanlah untuk mengklik tombol Google+

.comment-content a {display: none;}