- Ketika anak
mengadu kepada kita sebaiknya tidak langsung merespon pengaduan sang anak
dengan emosi kaget atau marah, namun usaha yang dilakukan kita selaku orangtua adalah meluangkan waktu untuk lebih bersabar
dengan mengunakan situasi mengasuh sang anak sebagai usaha pembelajaran bagi
anak. Bila anak ribut dengan teman bermainnya dan ia segera mengadu, kita bisa
tidak melakukan respon terhadap pengaduan sang anak, namun langkah nyata yang
dapat dilakukan adalah mengajak anak bermain bersama kembali atau membereskan
mainannya bersama teman bermainnya sambil melakukan langkah penyelesaian
konflik serta memberi contoh apa yang mesti dilakukan saat bermain, saling mencoba
mainan, melakukan percakapan komunikasi dan diarahkan untuk berembuk.
- Ketika anak
mengadu sikap kita adalah tidak mengacuhkan aduan sang anak, tapi tanggapilah
aduan sang anak supaya tidak menjadi pengadu lagi.
- Gunakan
media komunikasi, lakukan pendekatan pada anak yang suka mengadu dengan
mengajak bercerita, ketika suasana jiwa anak bahagia dan riang maka lakukan
komunikasi dengan anak. Beri pengertian pada anak bahwa sikap mengadu tidak
baik .
- Melerai pertengkaran anak, jika sang anak saling
bertengkar dengan teman atau saudaranya dan amati jika mereka tidak mampu
menyelesaikan masalah mereka maka sikap kita adalah melerainya.
- Tidak memberikan pembenaran pada perilaku anak,
jika anak mengadukan kejadian atau perbuatan yang dilakukan teman atau
saudaranya, sikap yang tepat bagi kita adalah tidak membenarkan atau menyalahkan
salah satu anak (dalam hal ini kita harus dapat bersikap netral), sikap ini
membuat sang anak tidak ingin lagi mengadukan hal-hal yang tidak ia suka
|
|
0 comments:
Post a Comment
Jadilah Orang yang pertama menulis komentar di Blog ini, dan sempatkanlah untuk mengklik tombol Google+