Tanya: Dimana bisa
mendownload aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS?
Jawab: Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
Jawab: Website resmi DAPODIK PAUD-DIKMAS http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
Tanya: Apakah aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS bisa dijalankan tanpa
koneksi internet?
Jawab: Bisa. Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan Sinkronisasi.
Jawab: Bisa. Aplikasi DAPODIK PAUD-DIKMAS hanya membutuhkan koneksi internet pada saat Registrasi dan Sinkronisasi.
Tanya: Bagaimana lembaga saya bisa mendapatkan kode registrasi?
Jawab: Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
Jawab: Hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat.
Tanya: Apa syaratnya memiliki kode registrasi?
Jawab: Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
Jawab: Punya NPSN yang terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/
Tanya: Saya sudah punya NPSN tapi kenapa tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/ ?
Jawab: Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat, mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP PDSP.
Jawab: Mungkin masuk residu/perlu konfirmasi. Kontak Dinas Pendidikan Setempat, mohon agar lembaga yang tidak terdaftar tersebut NPSN nya dikonfirmasi/diaktifkan melalui Aplikasi Verval SP PDSP.
Tanya: Saya sudah punya NPSN tapi tidak terdaftar di http://referensi.data.kemdikbud.go.id juga tidak terdapat di Verval SP. Apa
yang harus dilakukan?
Jawab: Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan bertanya disana
Jawab: Coba kontak PDSP-K http://pdsp.kemdikbud.go.id/?cont=kontak atau Coba join ke grup Helpdesk NPSN https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan bertanya disana
Tanya: Aplikasi yang digunakan sekarang yang versi berapa?
Jawab: Aplikasi v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj
Jawab: Aplikasi v.1.1.2 dan Patch v.1.1.3.uj
Tanya: Yang mana yang harus diinstall Aplikasi v.1.1.2 atau
patch v.1.1.3.uj?
Jawab: Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj
Jawab: Install dulu aplikasi v.1.1.2 lalu install/jalankan patch v.1.1.3.uj
Tanya: Apa bedanya registrasi online dan offline
Jawab: Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
Jawab: Registrasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Registrasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, sebelum melakukan registrasi offline lembaga wajib memiliki kode registrasi dan file prefill yang diunduh dari Aplikasi manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Unduh prefill http://118.98.233.177:616/#/laman/prefill
Tanya: Apakah aplikasinya bisa untuk mengentry banyak lembaga di
satu laptop?
Jawab: Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua, keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.
Jawab: Bisa. Registrasikan lembaga pertama, keluar, registrasikan lembaga kedua, keluar registrasikan lembaga ketika dan seterusnya.
Tanya: Apakah boleh sinkron berkali-kali
Jawab: Boleh.
Jawab: Boleh.
Tanya: Apa bedanya sinkronisasi online dan offline
Jawab: Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
Jawab: Sinkronisasi online dilakukan di komputer yang terhubung dengan internet, Sinkronisasi offline dilakukan di komputer yang tidak terhubung dengan internet, setelah melakukan validasi -> sinkronisasi di komputer yang offline, Aplikasi akan mengunduh file backup yang kemudian diupload di komputer yang terhubung internet melalui aplikasi Manajemen di bagian Manajemen Prefill dan Data -> Upload Data http://118.98.233.177:616/#/laman/upload
Tanya: Dimana bisa mengecek status sinkronisasi?
Jawab: Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
Jawab: Cek status sinkronisasi aplikasi manajemen, bagian Daftar Pengiriman http://118.98.233.177:616/#/laman/daftar_pengiriman
Tanya: Aplikasi saya gagal sinkron terus, berhenti di 20%
Jawab: Biasanya karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu install aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur mengisi dan sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update instalasi dengan membackup data terlebih dahulu https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/
Jawab: Biasanya karena menggunakan installer v.1.1.0. Coba uninstall aplikasi lalu install aplikasi ke versi 1.1.2 lalu patch ke 1.1.3, jika sudah terlanjur mengisi dan sudah banyak data yang dientri, coba langkah berikut untuk update instalasi dengan membackup data terlebih dahulu https://www.facebook.com/groups/dapodikpauddikmas/1655552731326357/
Tanya: Aplikasi saya sudah berhasil sinkron, tapi statusnya
Gagal Proses terus.
Jawab: Biasanya karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang patch-nya lalu sinkronisasi lagi.
Jawab: Biasanya karena belum update ke v.1.1.3.uj, download patch v.1.1.3.uj dari http://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/ jalankan ulang patch-nya lalu sinkronisasi lagi.
Tanya: Kalau saya jalankan update patch v.1.1.3 apakah data saya
akan hilang?
Jawab: Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
Jawab: Tidak. Patch cuma memperbaiki aplikasi dan tidak menyentuh data.
Tanya: Sinkronisasi saya statusnya "Diterima" apa
artinya?
Jawab: Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Jawab: Arti Status sinkronisasi adalah sebagai berikut
Diterima (Hijau): Data sudah terkirim ke server dan siap untuk
masuk antrian proses memasukkan ke database pusat
Proses (Ungu): Data sedang diproses untuk masuk ke database
pusat
Selesai (Biru): Data sukses diproses dan sudah masuk ke database
pusat.
Selesai * (Oranye): Data sukses diproses dan sudah masuk ke
database pusat, dalam pemrosesan terdapat pembersihan data.
Gagal Proses (Merah): Data gagal diproses masuk ke database
pusat.
Tanya: Kalau statusnya Selesai * apa berarti datanya belum aman?
Jawab: Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
Jawab: Datanya sudah aman diproses ke database pusat, ada pembersihan data, tapi dilakukan secara otomatis, operator tidak perlu melakukan apapun.
Tanya: Saya sudah registrasi tapi kenapa tidak bisa masuk ke
aplikasi manajemen?
Jawab: Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.
Jawab: Kalau registrasinya dilakukan secara offline, maka akunnya tidak akan terhubung dengan aplikasi manajemen, agar bisa login ke aplikasi manajemen, silahkan lakukan registrasi offline dengan menggunakan kode registrasi lembaga tersebut.
Tanya:
Saya sudah sinkron, tapi ketika cek ke Aplikasi Manajemen data Peserta Didik
dan PTK nya belum masuk. Kenapa?
Jawab: Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi penugasan.
Jawab: Biasanya karena Peserta Didiknya belum dimasukkan ke Rombongan Belajar dan PTK nya belum diberi penugasan.
Knp proses sinkron dapodik brhenti di 90 persen trs... padahal saya sudah menggunakan apliksi 1.1.3 ? Apa solusinya?apa saya hrs menghntikan proses sinkron di level 90 persen dgn mengklik tanda ok?atau bgmn?
ReplyDeletekemungkinan jaringan internetnya yg kurang, coba pakai speedy, insya allah bisa 100%, dan 90% juga suda terkirim ke server pusat, tapi jika masi ragu sinkron offline saja caranya http://paudanakcerdas.blogspot.co.id/2015/10/cara-sinkronisasi-offline-dapodik-paud.html
Deletedi update pake browser terbaru ...
Deletemozilla atau crome update terbaru....
saya sudah update ke versi 1.1.3 sudah berhasil singkron tapi proses selalu gagal, ada solusi lain?
ReplyDeleteganti ke versi 1.1.4 yang terbaru
DeletePak kalo mau ganti username dan password gimana caranya ya? waktu daftar emailnya pribadi mau diganti email sekolah resmi ... terima kasih
ReplyDeletedi aplikasi paud dikmas, ke beranda lalu klik manajemen pengguna kemudian masukan kode registrasi lalu ubah email dan ganti password kemudian simpan
Deleteupdate browser nya ........
ReplyDeletehttp://paudni.kemdikbud.go.id/dpn/
Deletepeserta didik dan rombel selalu error saat pengiriman ke server! padahal peserta didik sudah dimasukan ke rombel! minta tolong kenpa bisa error yah?
ReplyDeletekemungkinan pembelajaran di rombelnya Belum di isi
Deletepeserta didik dan rombel selalu error saat pengiriman ke server! padahal peserta didik sudah dimasukan ke rombel! minta tolong kenpa bisa error yah?
ReplyDeleteSaya sudah pakai versi terbaru dan diterima. Pada saat saya cek di pengiriman saya lihat data saya gurunya masih 0 dan rombelnya juga masih 0 mas?
ReplyDeleteLogin dulu di Manajemen PAUD http://118.98.233.177:616/#/masuk menggunakan username dan password dapodik paud, lalu tekan masuk dengan akun dapodik, kemudian lihat detail paud nya, biasanya suda tampak di detail paud tersebut
Deletesaya pakai V 11.3 sudah saya sinkron beberapa kali tertulis di terima. pas saya cek d manajemenya data guru dan murid itu masih 0 padahal sdah terisi semua. itu knp mohon solusi nya
ReplyDeleteLogin dulu di Manajemen PAUD http://118.98.233.177:616/#/masuk menggunakan username dan password dapodik paud, lalu tekan masuk dengan akun dapodik, kemudian lihat detail paud nya, biasanya suda tampak di detail paud tersebut, kalio masih belum masuk juga datanya, update aplikasinya ke V 1.1.4
Deleteiya pas saya masuk sudah ada datanya, terus gimana? apa gpp gitu aja?
Deletesaya sudah sinkron tapi sewaktu unduh profil lembaga yg keluar hanya profil dan prasarana ( itupun tidak lengkap )...bagaimana caranya agar bisa lengkap semua pak??mohon bantuannya...
ReplyDeletejika download profil di dapodik memang gak lengkap
Deletekenapa selalu gagal sinkronisasi hanya mencapai 80 % aja....
ReplyDeleteUpdate aplikasinya ke V.2.0.3 insahallah lancar
Delete