Find us on Facebook

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PAUD

Posted by PAUD ANAK CERDAS on Wednesday, February 24, 2016

Secara singkat SOP PAUD adalah cara baku, yang disepakati dan diterapkan oleh semua orang yang ada di satuan PAUD. Setiap satuan PAUD diwajibkan membuat SOP sebagai pengendali pelaksanaan kurikulum. SOP ini ditujukan agar keseluruhan praktek pembelajaran di setiap satuan PAUD dapat dilaksanakan secara optimal dan berkualitas.
SOP Pembelajaran merupakan langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak.
SOP menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, di mana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial.
SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif.
SOP dapat terus dikembangkan sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan. Semakin banyak program yang dijalankan satuan pendidikan semakin banyak SOP yang harus disiapkan.
Sedangkan definisi Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk menjalankan suatu pekerjaan dengan berpedoman pada tujuan yang harus dicapai. Penetapan langkah tersebut dituangkan secara tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, di mana , oleh siapa dan dengan cara bagaimana.
Dengan SOP PAUD diharapkan sebuah lembaga PAUD dapat memperlancar tim dalam melaksanakan tugasnya masing-masing dan tugas secara kelompok. Selain itu juga dapat mempermudah mengetahui hambatan yang mungkin muncul dalam pelaksanaan tugas baik hambatan tersebut datangnya dari dalam maupun dari luar.

Selanjutnya dengan SOP PAUD dapat membiasakan semua pendidik dan tenaga kependidikan berdisiplin sesuai dengan aturan yang disepakati bersama. Terakhir SOP PAUD membawa dampak dalam upaya untuk membangun cara kerja yang kelih tertata, disiplin, dan adil.
Berikut ini 17 macam contoh SOP PAUD :


0 comments:

Post a Comment

Jadilah Orang yang pertama menulis komentar di Blog ini, dan sempatkanlah untuk mengklik tombol Google+

.comment-content a {display: none;}