Tahapan Main Sensorimotor
Tahap 1
Mengulang gerakan beberapa kali untuk melanjutkan tanggapan pancaindera; reaksi perputaran pertama; anak hanya terlibat dengan badannya; mainan dan benda lain tidak digunakan.
Contoh:
- Memercikkan air dengan tangan;
- Menepuk atau meremas-remas pasir;
- Bertepuk atau melambaikan tangan.
Tahap 2
Mengulang-ulang gerakan dengan benda atau beberapa benda beberapa waktu untuk menjaga lingkungan yang menarik pandangan, pendengaran, atau yang terkait dengan perabaan. Contoh:
- Memukul-mukul pasir;
- Menuang air dari wadah dengan tangan;
- Memercikkan air ke mainan.
Tahap 3
Mengulang-ulang urutan sebab-akibat sederhana, kemudian memilih cara untuk mencapainya, seperti: mengosongkan, mengisi, menyembunyikan, menemukan, membangun, dan merobohkan.
Contoh:
- Mengisi keranjang atau wadah lainnya menggunakan sekop dan/atau tangan (anak terlihat memiliki tujuan mengisi wadah dan menggunakan urutan sebab/akibat yang sederhana [misalnya: mengisi sekop dan menuangkannya ke dalam wadah] untuk mencapai tujuan).
- Menuangkan air ke dalam teko dengan tujuan mengisi penuh teko tersebut.
- Menyembunyikan dan menemukan benda di dalam air atau pasir.
- Menyusun balok-balok ke atas, kemudian merobohkannya kembali.
Tahap 4
Anak mulai mencoba-coba. Tujuan main di pertahankan tetapi perilaku untuk mencapai tujuan tidak menjadi hal utama. Cara yang dilakukan oleh anak selama pengulangan berubah-ubah. Mungkin mereka memiliki perasaan: “Saya sedang mencoba mengerti ini.”
Contoh:
- Anak mengisi keranjang dengan pasir dengan menggunakan sebuah sekop, tetapi penggunaan sekop dilakukan dengan berbagai cara selama proses bermain (coba-coba);
- Anak mengosongkan teko air dengan cara menuangkan dengan berbagai cara sambil mengamati air yang dituang.
Tahapan selanjutnya di TAHAPAN PERKEMBANGAN KARYA ANAK Bag. 2
Sumber : Buku PERKEMBANGAN FISIK DAN MOTORIK ANAK USIA DINI Direktorat Pembinaan PAUD
nice posting jangan lupa kunbal ya di http://paudnurulikhlas.blogspodot.co.id/ makasih semoga paud indonesia lebih maju lagi
ReplyDeleteAamiin, insahallah
Delete