Find us on Facebook

Home » , » Tips Mengurangi Kebiasaan Anak Mengadu

Tips Mengurangi Kebiasaan Anak Mengadu

Posted by PAUD ANAK CERDAS on Tuesday, May 21, 2013

  1. Ketika anak mengadu kepada kita sebaiknya tidak langsung merespon pengaduan sang anak dengan emosi kaget atau marah, namun usaha yang dilakukan kita selaku  orangtua adalah meluangkan waktu untuk lebih bersabar dengan mengunakan situasi mengasuh sang anak sebagai usaha pembelajaran bagi anak. Bila anak ribut dengan teman bermainnya dan ia segera mengadu, kita bisa tidak melakukan respon terhadap pengaduan sang anak, namun langkah nyata yang dapat dilakukan adalah mengajak anak bermain bersama kembali atau membereskan mainannya bersama teman bermainnya sambil melakukan langkah penyelesaian konflik serta memberi contoh apa yang mesti dilakukan saat bermain, saling mencoba mainan, melakukan percakapan komunikasi dan diarahkan untuk berembuk. 
  2. Ketika anak mengadu sikap kita adalah tidak mengacuhkan aduan sang anak, tapi tanggapilah aduan sang anak supaya tidak menjadi pengadu lagi.
  3. Gunakan media komunikasi, lakukan pendekatan pada anak yang suka mengadu dengan mengajak bercerita, ketika suasana jiwa anak bahagia dan riang maka lakukan komunikasi dengan anak. Beri pengertian pada anak bahwa sikap mengadu tidak baik . 
  4. Melerai pertengkaran anak, jika sang anak saling bertengkar dengan teman atau saudaranya dan amati jika mereka tidak mampu menyelesaikan masalah mereka maka sikap kita adalah melerainya. 
  5. Tidak memberikan pembenaran pada perilaku anak, jika anak mengadukan kejadian atau perbuatan yang dilakukan teman atau saudaranya, sikap yang tepat bagi kita adalah tidak membenarkan atau menyalahkan salah satu anak (dalam hal ini kita harus dapat bersikap netral), sikap ini membuat sang anak tidak ingin lagi mengadukan hal-hal yang tidak ia suka


0 comments:

Post a Comment

Jadilah Orang yang pertama menulis komentar di Blog ini, dan sempatkanlah untuk mengklik tombol Google+

.comment-content a {display: none;}